Cheap Domain Registration Hosting

SSH atau SSL, yang biasa kita gunakan setiap hari, tentu saja tidak bisa beridiri sendiri. Secure Shell Hosting maupun Virual Private Server membutuhkan suatu Cloud Server agar bisa bekerja dengan baik. Para client SSH, biasanya tidak sampai memikirkan sejauh itu. Mereka kebanyakan hanya sebatas pemakai SSH sebagai koneksi keamanan serta internet gratis. namun apakah mereka memikirkan bagaimana SSH dapat berdiri? Bagaimana Sistem SSH? Apa itu Cloud? Free domain? Cheap domain registration hosting? Name Cheap? Hosting domain server? How to Register Domain?
Cheap Domain Registration Hosting
Cheap Domain Registration Hosting

Konsep domain, hosting, layanan cloud, Server VPS, Shrared Hosting, Web PHP / SQL Hosting, seharusnya perlu dipelajari. Karena pada zaman modern ini, (tahun 2018), adalah zaman milenium, yang semuanya serba internet. internet menjadi kebutuhan pokok akan sumber informasi mengenai apa saja yang terjadi detik ini. Dengan mempelajadi apa itu hosting dan kawan kawannya, kita bisa saja menciptakan inovasi yang paling baru dari pengembangan cloud ataupun teknlogi pada masa yang akan datang.

Registration Server Web Hosting

Penyedian layanan hosting atau bisa dikenal dengan Server Hosting, merupakan pusat layanan data dari sebuah hosting. Hosting adalah sebuah jasa layanan space berbasis web yang bisa dimiliki, dan bisa diaplikasikan dengan domain. Pada umumnya Web hosting itu sendiri digunakan sebagai disk storrage, atau tempat penyimpanan data online. yang nantinya data tersebut bisa dibuka melalui internet, & bisa juga dipakai untuk menampilkan berbagai bahasa program seperti HTML, PHP, SQL, dan sebagainya.
Ibarat kata, shared web hosting adalah tanah, yang nantinya bisa dibagun rumah, toko, atau gedung gedung sesuai kebutuhan. Rumah, toko, gedung yang saya maksud adalah sebuah website. dan website tersebut bisa kamu pakai untuk sekedar menulis artikel, bisa saja untuk Bisnis Online, membuat toko online dan sebagainya. 
Namun, apabila kamu tidak mempunyai cukup uang untuk membeli cheap hosting for website, kamu bisa juga menggunakan layanan hosting gratis / Free Hosting. Banyak kok penyedia hosting gratis di indonesia, seperti ID Hostinger, 000 Webhost, Nazuka, dan lain sebagainya. itu bisa dipakai untuk belajar bahasa pemrograman, membuat toko online, membuat website dan apa saja yang bekaitan dengan hosting.
Jika keperluannya hanya sekedar untuk menulis artikel saja, bisa kamu gunakan platform Blogger ataupun Wordpress yang bisa dipakai secara gratis.

Cheapest VPS Hosting

Berbeda dengan hosting, Layanan VPS (Virtual Private Server), adalah suatu layanan server virtual milik pribadi yang bisa diakses secara online. VPS ini berfungsi untuk memenuhi segala kebutuhan Server pusat, sehingga dapat melayani client yang terhubung.
VPS ini seperti Komputer Online. Kamu bebas menginstall Sistem Operasi apa saja pada koputer milikmu. Operating system linux ataupun windows, bisa kamu akses & bisa dikonfigurasi secara online. pada umunya layanan VPS ini lebih mahal daripada webhosting. Karena fiturnya yang lebih kompleks, dan kinterjanya yang lebih baik dibandingkan hosting biasa.
Ya, sama seperti komputer offline, pada Penyedia layanan VPS juga menawarkan variasi spesifikasi VPS yang kamu butuhkan. Ada yang RAM 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB hingga 32 GB. Juga dari CPU mulai Dual Core, Quad Core, Okta Core, umumnya speed 1 GHz, sampai 8 Ghz. Sedangkan disknya mulai 10 GB, 100 GB, 1 Tera Byte, bahkan ada pula yang unlimited. Semakin tinggi spesifikasinya, tentu saja harga VPS Semakin mahal.

Cheap Domain Registration Hosting

Jika sudah menyiapkan tanah, kita tinggal membangun rumahnya. Dan sebelum membangun website, kamu juga perlu registrasi domain. Domain ini ibaratnya seperti nama, ya biar kamu gampang dikenal oleh para penghuni dunia maya. Apabila sudah terkenal, itu bisa menjadi brand tersendiri milik Anda.
Tidak perlu hal yang rumit untuk menentukan sebuah nama. Cukup yang simpel, yang mudah diingat, itu malah lebih bagus untuk dijadikan domain. Seperti agus.com, www.lokerpkl.com , servervpn.com , dan sebagainya.
Domain itu sebenarnya ada banyak. Dari banyaknya domain, semuanya terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu TLD / Top Level Domain, dan ccTLD / Code Country Top Level Domain. TLD itu seperti : .com , .net , .xyz, .site , .org , .gov, dan sebagainya. sedangkan cc TLD contohnya adalah website yang menggunakan .sg , .id , .tk , .uk ,.my , dan sebagainya tergantung kode negaranya. Jadi alangkah lebih baik kalau kamu memakai TLD agar bisa lebih luas lingkupnya ke internasional.

Free Domain

Pada umumnya, harga domain ditentukan oleh nama domain yang anda buat. Jika nama domain tersebut terdeteksi sistem sebagai domain bisnis / domain internasional, maka harganya akan semakin tinggi. Seperti harga domain androidgame.com atau bitcoin.com / trading.com itu pasti lebih mahal daripada domain lokal misalnya agus.com gorengan.com mudamudi.com. itu karena nilai domain internasional lebih tinggi daripada domain lokal. Oleh sebab itu, pilihlah Cheap domain alias domain yang harganya murah untuk Registration Hosting.
Pada umumnya , harga TLD atau domain .com tahun 2018 adalah sekitar Rp. 150.000 / tahun. Ya itu berbeda setiap penyedia layanan registrasi domain. Ada yang lebih murah, ada pula yang lebih mahal. Coba saja cek Namecheap / Goddaddy, atau bisa juga domain.com , jagoan hosing, niaga host, mochahost, pasti harganya berbeda. Ada pula yang menggunakan kode promo atau sejenis kupon / coupon untuk mendapatkan diskon pembelian domain. Seperti Namecheap coupon, dan sebagainya, sehingga kamu bisa membeli domain dengan harga yang lebih murah.
Namun jika memang kenyataannya tidak punya uang, jangan khawatir karena ada penyedia Free Domain. Sebenarnya ada banyak penyedia domain secara gratis. seperti contoh yang terkenal adal dot.tk atau dot.co.vu dan sebagainya. kalau sekedar buat belajar ya tidak masalah, karena domain gratisan dinilai lebih buruk daripada domain berbayar.
Jika semuanya sudah siap, dimulai dari Hosting, VPS, Domain Name Server, itu kita bisa membangun sebuah website. website apa saja bebas. Lebih menguntungkan jika membuat website yang menghasilkan uang. Seperti toko online, website server email, server VPN / VPS, dan sebagainya. Namun untuk yang modal kecil, bisa membangun web / blog yang isinya tentang artikel, dan bisa didaftarkan google adsense agar mendapatkan uang.
Sedangkan mereka yang banyak uang, biasanya dipakai untuk DATA RECOVERY RAID. Atau untuk penyimpanan data online secara aman di cloud hosting. Data Recovery dengan sistem RAID, ini memungkinkan semua data tersimpan secara aman di internet. Ya seperti cloud computing, yang bisa diakses kapan saja.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada pagi hari ini, terkait dengan suatu kebutuhan membuat website. dari mulai cheap domain , registration hosting, server,dan sebagainya. semoga itu bisa dijadikan sebagai referensi agar kita semakin ber inovasi. Terima kasih.